Manfaat Tersembunyi Sereh Bagi Kesehatan

Bersatulah.com - Manfaat Tersembunyi Sereh Bagi  Kesehatan. Anda tahu sereh? atau kebanyakan orang menyebutnya serai adalah merupakan salah satu jenis tumbuhan sejenis rerumputan yang tumbuh subur disekitar pekarangan rumah. Bagi ibu rumah tangga tentu sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan ini, bahkan banyak dimanfaatkan sebagai penyedap masakan.  Sereh memiliki nama latin cymbopogon citrates dan masih tergolong dalam keluarga poaceae yang diduga berasar dari india bagian selatan.

Manfaat Tersembunyi Sereh Bagi  Kesehatan

Sereh juga termasuk dalam kelompok bumbu masakan yang tentu saja bisa sangat mudah diperoleh di toko-toko bumbu atau bahkan di pasar-pasar tradisional. Cara pengembangan tumbuhan ini pun sangat mudah, tidak memerlukan perawatan khusus untuk mengembang biakannya.  Aroma yang khas  dan wangi membuat masakan yang menggunakan sareh sebagai tambahan bumbu penyedapnya akan dapat menggugah selera bagi penikmatnya.

Tidak hanya di Indonesia beberapa negara seperti Vietnam, Malaysia, Thailan, Kamboja dan bahkan Benua Afrika serta Amerikan pun banyak menggunakan sereh sebagai bahan favorit penyedap masakan. Namun tahukah anda bahwa sereh selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut kami paparkan 10 manfaat sereh bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Simak ulasan berikut ini :

1. Mencegah kanker
Berdasarkan beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa di dalam daun sereh mengandung zat-zat anti kanker (citral) yang dapat berfungsi membunuh sel-sel kanker dengan cara mempertahankan sistem kekebalan tubuh seseorang. Jadi sangat baik bila dikonsumsi secara rutin untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari penyakit kanker.

2. Membersihkan bakteri dan infeksi jamur
Daun sereh mengandung zat anti septik yang dapat berfungsi membersihkan mikroorganisme jahat yang berada didalam tubuh seseorang. Sehingga dengan mengkonsumsi daun sereh dapat membersihkan darah dari bakteri dan jamur yang mengganggu.

3. Detoksifikasi
Kandungan anti dioksida dan anti septik  pada daun sereh dapat berfungsi membersihkan dan memurnikan fungsi kandung kemih, jantung, ginjal, pancreas dan juga dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah serta dapat mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh.

4. Mecegah diabetes
Anda pernah mencoba minum teh sereh? Artinya teh yang dibuat dari daun sereh, ini dapat berfungsi membantu membersihkan pancreas dan meningkat fungsinya. Karena mengkonsumsi teh daun sereh dapat menurunkan kadar gula darah pada seseorang yang mengalami permasalahn diabetes.

5. Mengatasi anemia
Manfaat daun sereh selanjutnya adalah dapat mengatasi kekurangan darah, karena didalam daun sereh mengandung zat besi yang berguna sebagai  hemoglobin ( meningkatkan protein sel darah merah yang dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh)

6. Mengurangi kolesterol tinggi
Daun sereh mengandung zat anti kolesterol yang membantu mengurangi penyebab terjadinya kolesterol dan membantu proses oksidasi yang memicu meningkatnya kolesterol jahat dalam darah.

7. Menstabilkan sisten saraf
Kandungan magnesium, fosfor, serta folat dalam serah dapat membantu perkembangan fungsi saraf seseorang. Selain itu, zat –zat ini juga berguna dalam meningkatkan konsentrasi serta kemampuan otak untuk memproses informasi yang diperoleh secara maksimal.

8. Menjaga proses pencernaan
Sereh juga sangat baik dikonsumsi karena dapat menjaga proses pencernaan menjadi lebih baik agar terhindar dari permasalahan seperti sakit perut, masuk angin, diare, dan mengurangi gak dari usus.

9. Menurunkan tekanan darah
Mengkonsumsi minuman yang mengandung sereh juga sangat baik dan dapat menurunkan tekanan darah dan merangsang sirkulasi darah menjadi normal dan lebih baik.

10. Mengatasi nyeri saad haid
Bagi anda wanita yang sedang mengalami haid. Rutin mengkonsumsi sereh sangat baik karena dapat meredakan rasa nyeri ketika sedang haid dan mengatasi timbulnya mual.

Tentu masih banyak manfaat yang dapat diambil dari tumbuhan ini, sebagai salah satu pengobatan alami, praktis dan efektif tanpa harus mengeluarkan biaya yang sedikit mahal. semoga ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan anda untuk menjaga kesehata. Semoga bermanfaat (one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Tersembunyi Sereh Bagi Kesehatan"

Posting Komentar