Ketela Pohon, Sederhana namun Berlimpah Manfaat

Bersatulah.com-Ketela pohon atau yang sering disebut oleh masyarakat Indonesia dengan nama singkong adalah tanaman yang sangat mudah ditemui dan tumbuh subur di alam Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang berkebun menanam tanaman yang satu ini.


Ketela Pohon, Sederhana namun Berlimpah Manfaat

Ketela pohon merupakan salah satu tanaman teman setia manusia. Tanaman ini dapat diolah menjadi penganan yang mampu memenuhi kebutuhan manusia. Daunnya biasa disayur dengan santan kental atau rebusan daun singkong dijadikan lalapan bersama sambal teasi. Umbinya direbus ataupun digoreng menemani teh dan kopi saat menikmati waktu senggang atau waktu istirahat. Penganan lain yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia berbahan dasar singkong di antaranya opak dan getuk.
Umbi ketela pohon mengandung protein, kalori, lemak, hidrat arang, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daunnya mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, lemak, kalori, fosfor, hidrat arang, protein, dan zat besi. Kulit batang mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat. Bagian yang dipergunakan adalah daun dan umbi.
Dengan banyaknya kandungan di dalamnya, tanaman yang satu ini sangat bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh. Ingin tahu manfaat apa saja yang terkandung di dalam singkong untuk kesehatan tubuh? Baca di bawah ini.

Menjaga kekebalan tubuh
Ketela pohon mengandung beta karoten yang menjadi bahab utama dari antioksidan. Kandungan di dalam ketela pohon seperti zat besi, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin C, sangat dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh dari radikal bebas.

Mencegah peradangan dan pembengkakan
Peradangan dan pembengkakan diakibatkan adanya kuman penyakit yang menginfeksi bagian tubuh tertentu. Peradangan dan pembengkakan biasanya disertai dengan rasa sakit dan nyeri yang amat sangat. Kandungan vitamin C, beta karoten, dan magnesium di dalam ketela pohon mampu mencegah terjadinya pembengkakan. Ketela pohon tidak hanya mampu mencegah pembengkakan dan peradangan, ketela pohon juga mampu meredakan gejala tersebut.

Menjaga Keseimbangan cairan tubuh
Serat yang terkandung di dalam ketela pohon mampu membantu menahan keluarnya cairan di dalam tubuh. Dengan serat yang mampu menahan cairan tubuh yang keluar, cairan di dalam tubuh akan terjaga keseimbangannya. Hal ini penting karena sebagian tubuh manusia terdiri dari cairan. Kelebihan atau kekurangan cairan akan membuat kesehatan tubuh terganggu.

Mengatasi diabetes
Makanan dan minuman yang manis harus dihindari oleh para penderita diabetes. Hal ini dilakukan agar gula darah menjadi stabil. Untuk menjaga kestabilan gula darah, tubuh memiliki sistem sekresi dan memroduksi insulin. Agar sistem sekresi dan produksi insulin efektif untuk menjaga kestabilan gula darah, kita dapat mengonsumsi ketela pohon.

Meredakan radang lambung
Peradangan pada lambung dapat diakibatkan karena pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat untuk tubuh. Kandungan beta karoten, kalsium, kalium, vitamin C, dan vitamin B kompleks pada ketela pohon mampu menjaga kesehatan organ lambung dan usus halus.
Ketela pohon juga memiliki sifat anti peradangan yang dapat mencegah terjadinya penimbunan asam lambung sehingga terhindar dari maag kronis.

Mencegah Kanker
Ketela pohon mengandung zat antioksidan, beta karoten, vitamin C, dan anti karsinogen utama yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker usus halus, kolon, ginjal, prostat, dan pada organ tubuh yang lain.

Menyembuhkan bronkitis
Penyakit bronkitis ditandai dengan adanya gejala batuk yang tidak kunjung sembuh. Anda dapat menobati penyakit ini dengan mengonsumsi ketela pohon. vitamin C, zat besi, dan nutrisi lain yang terkandung di dalm ketela pohon mampu menyembuhkan penyakit ini.

Pembangun otot tubuh

Ketela pohon mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral yang dapat dengan mudah diserap oleh otot. Dengan mengonsumsi ketela pohon tidak akan ada efek samping bagi Anda yang sedang membesarkan otot seperti yang ditimbulkan oleh suplemen berbahan kimia.


Anda bisa mengonsumsi ketela pohon secara rutin, namun jangan berlebihan. Tetap, yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketela Pohon, Sederhana namun Berlimpah Manfaat"

Posting Komentar