Tidur Berkualitas? Ini Cara dan Manfaatnya

Bersatulah.com - Seperti yang kita ketahui, tidur merupakan salah satu kebutuhan penting dalam hidup. Untuk itu, memiliki waktu tidur cukup di malam hari sangatlah penting. Menjaga kesehatan tidak hanya cukup dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Istirahat dan tidur juga diperlukan tubuh untuk mendapatkan waktu melakukan regenerasi sel dan mengisi ulang tenang. Karena itu, cukup tidur sangat diperlukan. eperti yang kita ketahui, tidur merupakan salah satu kebutuhan penting dalam hidup. Untuk itu, memiliki waktu tidur cukup di malam hari sangatlah penting.
Tidur Berkualitas? Ini Cara dan Manfaatnya

Penelitian yang muncul dalam jurnal Science menjelaskan mengapa orang harus menghabiskan sepertiga dari hidup mereka untuk tidur, karena bisa mencegah dan mengobati demensia dan gangguan neurologis lainnya.

Dalam percobaan terhadap tikus laboratorium peneliti mengamati bagaimana limbah keluar melalui pembuluh darah dari otak ke dalam dalam sirkulasi tubuh dan akhirnya hati. Racun itu seperti amilodbeta, protein yang ketika jumlahnya menumpuk dalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit alzheimer atau penurunan daya ingat.

Dalam rangka untuk membuang racun, cairan tulang belakang otak dipompa melalui jaringan otak. Proses ini terjadi selama tidur karena sel-sel otak menyusut sekitar 60% yang memungkinkan cairan otak bergerak lebih cepat dan lebih bebas melalui otak. Dalam tidur prosesnya 10 kali lebih aktif daripada ketika terjaga.

"Otak hanya memiliki energi terbatas yang tersedia," kata pemimpin penulis Maiken Nedergaard dari University of Rochester Medical Center seperti dilansir dari nydaily, Minggu (20/10/2013)

"Anda dapat menganggap itu seperti memiliki sebuah rumah pesta . Anda dapat menghibur para tamu atau membersihkan rumah, tetapi Anda tidak bisa benar-benar melakukan keduanya pada saat yang sama," kata penulis studi yang didanai US National Institutes of Health.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan waktu tidur yang cukup selama delapan jam? Berikut tips yang disarikan dari Fox News:

• Jangan minum minuman berkafein setelah Anda makan malam. Ini hanya akan membuat Anda lebih susah tidur.

• Tidur dalam suasana cahaya temaram. Cahaya dari lampu akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk membuat Anda tetap terjaga.

• Jangan minum minuman beralkohol. Alkohol hanya akan menekan siklus tidur dan metabolisme Anda.

• Minimalkan gangguan di kamar tidur, seperti televisi atau peralatan eletronik lain. Kamar tidur hanya digunakan untuk tidur dan ini sangat membantu tubuh Anda untuk beradaptasi dalam suasana yang relaks, bebas dari hal-hal yang membuat Anda terjaga. Pastikan televisi dan barang elektronik lainnya dalam kondisi mati.

• Membaca atau mandi air hangat sebelum tidur. Ini akan membantu tubuh dan pikiran Anda lebih tenang dan siap untuk tidur nyenyak

Berikut ini adalah alasan mengapa tidur cukup membantu menjaga stamina dan kesehatan.

1. Tidur nyenyak merangsang seks yang hebat
Jika makan malam dengan cahaya lilin dapat memicu mood lagi, maka saatnya untuk mengejar ketinggalan pada istirahat Anda. Mari kita hadapi itu, ketika Anda lelah, tugas apa pun pasti malas untuk dikerjakan. Ketika Anda tidur sebaiknya tujuh jam setiap malam, Anda akan dengan mudah mendapatkan kembali energi Anda untuk setiap aktivitas berat. Dan setelah puas beristirahat, libido Anda juga akan terisi saat mengalami ‘wake up call'.

2. Membuat tubuh tetap langsing

Tidak peduli berapa jam Anda berolahraga di gym, Anda tidak akan mencapai hasil yang maksimal kecuali Anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap malam. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam aktivitas hormon Anda, yang mempengaruhi nafsu makan dan metabolisme. Menurut beberapa laporan, mereka yang tidur delapan jam sehari cenderung kehilangan lebih banyak lemak tubuh. Itu mengalahkan mereka yang telah berdiet setiap hari.

3. Membuat wajah berseri dan terlihat awet muda
Melawan keriput cara termudah mungkin dengan mencapai istirahat maksimal dan bertahan dengan itu. Tidak hanya akan Anda merasa diremajakan, tetapi Anda juga akan menghilangkan rasa kebosanan. "Tidur malam yang baik akan memastikan bahwa Anda terjaga kesegarannya, tampak bercahaya dan awet muda," kata ahli anti-penuaan Dr Nicolas Perricone dalam 7 Deadly Sins of Skin Aging. "Tidur yang cukup sangat penting untuk menghindari kantung mata dan memelihara kulit bercahaya. Tidur membangun kembali cadangan energi dan meregenerasi sel-sel tubuh.

4. Mampu meningkatkan kesehatan dan hidup yang bahagia
Perlu beberapa motivasi untuk resolusi Tahun Baru Anda? Bermimpilah! "Ingat ketika Anda masih kecil dan Anda bermain di luar selama berjam-jam dan seluruh tubuh Anda begitu lelah sehingga cepat tertidur? Olahraga teratur dapat membantu Anda tidur karena Anda tinggal 'keluar penuh' dan ketika saatnya untuk tidur, tubuh Anda siap," jelas mantan kesehatan Editor Sandra L. BIENKOWSKI. Anda tidak akan berpikir tentang stres sehari-hari yang membuat Anda terjaga di malam hari. Setelah Anda dingin dan rileks, tubuh Anda akan siap untuk tidur.


Tidur cukup sangat penting untuk kesehatan kulit loh sahabat, tidur cukup ya sahabat agar esok tetap semangat untuk menjalankan aktivitas selamat beristirahat sahabat :)

Ucay


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tidur Berkualitas? Ini Cara dan Manfaatnya"

Posting Komentar