Suka Makanan Pedas, Ada Efeknya Nggak Buat Kesehatan?

Bersatulah.com-Suka Makanan Pedas, Ada Efeknya Nggak Buat Kesehatan? Banyak orang merasa kurang puas atau kurang nikmat setelah makan jika tanpa sambal pedas atau makanannya tidak pedas. Serasa perut terisi penuh dengan makanan hambar saja. Barangkali Anda termasuk orang-orang yang mengharuskan makanan Anda terasa pedas.


Suka Makanan Pedas, Ada Efeknya Nggak Buat Kesehatan?

Banyak pula pertanyaan tentang makanan pedas. Berbahayakah makanan pedas bagi kesehatan? Apakah akan menimbulkan penyakit?

Nih, ada beberapa dampak positif makanan pedas. Yang pertama, dengan senyawa turmeric yang terkandung di dalam makanan pedas dapat mengurangi peradangan pada sendi dan kerusakan tulang. Selain itu, makanan pedas dapat mengurangi erita pada saat terkena pilek dan flu.
Dengan mengonsumsi makanan pedas, metabolisme dapat dipercepat, meningkatkan kesehatan jantung, juga meningkatkan aliran darah.

Meski ada dampak positif tetapi mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan akan menimbulkan dampak negatif. Dampak negatif yang sering kita lihat adalah sakit perut. Ini terjadi karena iritasi pada dinding lambung. Kemudian akan menimbulkan gerakan-gerakan usus kemudian perut kita akan terasa mulas.

Dampak negatif yang kedua, makanan pedas dapat memicu maag. Terlalu banyak makanan pedas yang dikonsumsi dapat mengakibatkan penipisan dinding lambung. Didnding ini berfungsi melindungi lambung dari asam lambung. Jika Anda memiliki maag dan tetap memaksakan untuk mengonsumsi makanan pedas,ini akan berdampak fatal bagi kesehatan lambung Anda.

Makanan pedas juga bisa mengakibatkan Anda sulit tidur atau yang sering kita dengar dengan istilah insomnia. Pada saat kita mengonsumsi makanan pedas, suhu tubuh kita meningkat. Pada saat ingin tidur, suhu tubuh harus diturunkan terlebih dahulu, sedangkan pada saat itu suhu tubuh sedang naik.

Ada saat di mana seseorang yang sering makan makanan pedas menjadi turun nafsu makannya. Pada saat itu mereka akan cenderung memperbanyak minum air putih. Namun, hal ini dianggap biasa oleh sebagian orang. Sering mengonsumsi makanan pedas juga menurunkan kepekaan lidah. Lidah yang awalnya hanya mampu menahan rasa pedas satu sendok cabai, lama-kelamaan lidah mampu menahan pedas dua, tiga, empat, dan seterusnya.

Sekarang Anda sudah tahu efek atau dampak positif dan negatif apabila kita mengonsumsi makanan pedas. Boleh saja kita mengonsumsi makanan pedas, tapi kita juga harus mengaturnya. Jangan berlebihan juga terlalu sering dalam mengonsumsi makanan pedas. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suka Makanan Pedas, Ada Efeknya Nggak Buat Kesehatan?"

Posting Komentar