Manfaat Paprika (Saudara Cabai)

Bersatulah.com - Taukah anda saudara dari cabai "paprika" mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita?, Paprika merupakan sayuran yang masih satu keluarga dengan cabai maka dari itu rasanyapun sedikit pedas. Paprika yang nama latin Capsicum annuum adalah sayuran yang banyak mengandung vitamin, dari vitamin C,E dan juga A. Dari banyaknya vitamin yang ada didalam paprika maka jelas manfaat bagi tubuh kitapun menjadi banyak. 

Manfaat Paprika (Saudara Cabai)


Berikut coba beberapa manfaat dari paprika.

1. Mencegah sel kanker dan penuaan dini
Karena dalam paprika terdapat vitamin C dan juga E. paprika mempunyai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu untuk mencegah penuaan dini dan mencegah tumbuhnya sel kanker payudara pada wanita. Mengapa demikian? Ini karena antioksidan banyak terdapat dimakanan (buah,sayur dll) yang banyak mengandung vitamin E dan C sedangkan dalam paprika banyak mengandung kedua vitamin tersebut.

2. Mencegah penyakit Jantung 
Karena terdapt antioksidan seperti yang disampaikan diatas tadi, Maka paprika dapat mencegah penyakit jantung yang juga karena vitamin E dan A yang mengandung antioksidan. Dengan antioksidan yang cukup maka jantungpun akan terjaga.

3. Kesehatan mata
Selain Vitamin C dan E ada pula vitamin A didalam kandungan  Paprika. Tentu kita sudah banyak tahu tentang manfaat vitamin A yaitu sangat baik untuk kesehatan mata. Terutama paprika merah sangat baik untuk mendukung penglihatan yang baik dan sehat.

4. Kesehatan Kulit
Manfaat dari vitamin E yang terkandung dalam paprika sangatlah baik untuk kesehatan kulit juga kecantikan kulit dari dalam. Bagi anda wanita yang banyak mencari cara menjaga kesehataan kulit, paprika bisa menjadi pilihan baik untuk anda.

5.  Mencegah Sariawan
Kandungan vitamin C yang berada didalam paprika bisa mencegah Panas dalam. Selain panas dalam, papika baik untuk anda yang bibirnya pecah-pecah karen kurangnya asupan vitamin C. Biasanya bila bibir sudah pecah-pecah maka sariawanpun muncul karena kurangnya kandungan vitamin C yang kita konsumsi. Maka paprika menjadi baik untuk menambah vitamin C pada tubuh. Tapi ingat bagi anda yang mempunyai sakit mag, jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena bisa memperparah sakit mag bila terlalu banyak.

6. Mengandung Capsaicin
Capsaicin tentu sudah dikenal banyak orang, yang paling terkenal adalah untuk penghilang rasa sakit. Selai itu capsaicin dapat digunakan untuk melawan peradangan dan kabar gembiranya bagi anda yang kadar gulanya tinggi capsaicin yang ada didalam paprika ternyata dapat menurunkan kadar gula. 

7.Menjaga Sistem Kekebalan tubuh
Parika ternyata baik juga untuk sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang sudah kita ketahui bersama bahwa vitamin C mempunyai manfaat untuk sistem kekebalan tubuh, ternyata selain vitamin c yaitu kandungan capsain didalam paprika dapat meningkatkan sistem imun dan jugaa metabolisme sehingga paprika menjadi sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Ternyata paprika mempunyai banyak manfaat yang selama ini belum banyak orang mengatahuinya. Dari pencegahan sel kanker,kesehatan kulit.mencegah sariawan sampai dengan menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi bagi anda yang tak suka paprika, cobalah saat masak menggunakan paprika. 
Demikian yang dapat disampaikan tentang manfaat paprika, semoga bermanfaat bagi Anda semua

(Cak T)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Paprika (Saudara Cabai)"