Gizi Sehat Kacang Panjang

Bersatulah.com - Gizi Sehat Kacang Panjang, Kacang panjang masuk dalam famili fabaceae yaitu tergolong dalam keluarga polong-polongan. Tanaman ini akan tumbuh subur di dalam kondisi tanah yang memiliki cukup humus. Tanaman ini dapat tumbuh subur pada rata-rata ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Sehingga menjadikan kacang panjang menjadi komoditas sayur yang selalu ada di pasaran. Harga yang terbilang murah ternyata tidak mengirangi kadar gizi yang ada di dalamnya. 

Gizi Sehat Kacang Panjang


Kandungan Gizi
Pada prinsipnya seluruh famili kacang-kacangan memiliki kadar gizi yang cukup tinggi. Begitu pula dengan kacang panjang ini, kandungan B1, dan B2, fosfor, zat besi, riboflavin pektin, dan serat. Konstruksi gizi yang layak dikatakan sebagai panganan sehat. 
Dari gizi yang terkandung dalam kacang panjang ini dapat menjadi perangsang enzim-enzim yang baik yang dapat diproduksi tubuh. Serta pada prinsipnya kandungan protein nabati lebih ramah di tubuh jika di bandingkan dengan pritein hewani. Hal ini sangan baik dikonsumsi bagi kaum vegetarian. 

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Kacang Panjang
Komposisi nutrisi nabati yang terkandung dalam kacang panjang sangat baik bagi perkembangan kesehatan dalam tubuh. Berikut ini manfaat kacang panjang terhadap tubuh,
a. Mencegah Diabetes
Hampir seluruh jenis kacang-kacangan dapat mengontrol gula darah. Otomatis hal ini dapat berdampak baik bagi orang yang menderita diabetes. Begitu pula dengan kalangan yang belum terjangkit diabetes, kacang panjang merupakan pilihan sayur yang ramah dikonsumsi tubuh. Selain itu kacang panjang rendah akan kalori. 
Rekomendasi cara konsimsi:
Buat lah jus kacang panjang dengan komposisi 3-4 batang kacang panjang, lalu campur dengan air secukupnya. Bagi anda yang tidak tahan dengan baunya dapat anda tambahkan dengan kombinasi buah lain.

b. Kesehatan Kordiovaskuler dan Jantung
Kandungan yang dapat menyehatkan jantung, sehingga dapat menghindarkan dari gangguan jantung. Kandungan vitamin K sebagai penjaga kondisi jantung. Ada pula manfaat vitamin K pada kacang panjang sebagai pencegah pengerasan pembuluh darah. Fungsi ini yang dapat mencegah gangguan jantung yang diakibatkan dari pengerasan pembuluh darah. Kekayaan vitamin K dan D merupakan kombinasi yang efektif dalam pencegahan arteri koroner, sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

c. Sebagai Sumber Antioksidan
Kekayaan antioksidan yang dimiliki oleh kacang panjang memang sudah tidak dapat diragukan lagi diantaranya, flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaempfrerol, vitamin C dan beta karotin. Antioksidan ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan dapat menurunkan tekanan jantung.

d. Mencegah Osteoporosis
Fungsi vitamin K yang baik untuk asupan nutrisi tulang. Hal ini jelas berdampak pada penjagaan kesehatan tulang. Sedikitnya vitamin K yang terdapat pada sayur kacang panjang dapat memenuhi 20% nutrisi yang dibutuhkan tulang setiap harinya.

e. Baik bagi Pencernaan
Fieber atau serat memberi efek baik bagi pencernaan. Kebutuhan akan serat sebagai alat melancarkan sistem pencernaan yang dibutuhkan tubuh ternyata ada dalam sayur kacang panjang. Fungsinya bagi tubuh adalah menghindarkan dari sembelit, serta gangguan pencernaan lainnya. Terlebih manfaat pada kacang panjang akan meluas sebagai alasan menghindari kanker usus besar.

Selain manfaat utama di atas, khasiat kacang panjang dapat kita jabarkan berdasarkan kandungan gizi;

Mangan
Produksi kesehatan tulang
Membantu menjaga kesehatan kulit
Kontrol gula darah
Menangkal radikal bebas
Sebagai pencegah epilepsi

Serat
Melancarkan Pencernaan 
Mencegah sembelit
Menjaga berat badan
Sebagai pencegai stroke
Menjaga kesehatan kulit

Asam Folat
Pencegahan anemia
Asupan nutrisi penting bagi wanita hamil
Membantu produksi sel darah merah
Asupan nutrisi otak
Sintesis DNA dan RNA

Vitamin B2
Mencegah katarak
Mencegah migrain 
Mencegai animea
Sebagai bahan antioksidan

Vitamin K
Menjaga kesehatan tulang
Mencegah kanker
Mencegah osteoporosis
Mencegah alzeimer
Mencegah diabetes

Vitamin B1
Mencegah gangguan metabolisme tubuh
Menjaga sistem imun.
Mencegah katarak
Mencegah gangguan pada otak
Mencegah osteoporosis
Mencegah gangguan ginjal

Magnesium
Menjaga kesehatan jantung
Mengatasi diabetes

Vitamin C
Pencegah katarak
Mencegah kesulitan bernapas
Melancarkan peredaran drah
Pencegahan stress


Ragam manfaat yang banyak diambil dari khasiat yang dapat diperoleh dari kacang panjang. Tumbuhan dengan perkembangan dan pembudidayaan yang mudah ternyata banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh.
(Hidup Sehat-berstulah.com)

.R_A

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Gizi Sehat Kacang Panjang"