Mencegah Penyakit Kencing Manis Sejak Dini

Bersatulah.com - Kencing manis merupakan salah satu penyakit bahaya yang menyebabkan kematian. Sebenarnya bukan karena parahnya penyakit kencing manis yang diderita namun lebih sering akibat komplikasi yang dipicu oleh kencing manis sendiri. Alangkah baiknya jika kita dapat mencegah penyakit kencing manis sedini mungkin. Ada pepatah berkata “lebih baik mencegah dai pada mengobati”. Karena dengan mencegah kencing manis sedini mungkin kita dapat mengurangi resiko untuk terkenanya penyakit ini. Hal yang perlu kita ketahui sebagai upaya mencegah penyakit kencing manis adalah dengan kita menyadari bahwa kencing manis dapat menyerang siapa saja dimana saja dan kapan saja. Namun dalam hal ini perlu kita diketahui bahwa resiko kencing manis meningkat dua kali lipat kepada mereka yang mempunyai riwayat keluarga penderita kencing manis. Jika anda termasuk dalam kategori ini, mungkin anda merasa sedikit takut dan khawatir. Jika itu yang terjadi hal yang paling bijak adalah melakukan pencegahan sejak dini untuk mengurangi resiko yang bisa terjadi.
 

Mencegah Penyakit Kencing Manis Sejak Dini


Bagaimana Cara yang Harus dilakukan untuk Mencegah Kencing manis?
1. Olah raga Teratur 
Dengan berolahraga secara teratur anda akan dapat menjaga berat badan karena olahraga akan membantu anda dalam membakar lemak berlebihan dalam tubuh. Olah raga teratur minimal 3-5 kali dalam seminggu terbukti dapat menurunkan resiko kencing manis, khususnya untuk mereka yang mempunyai riwayat keluarga penderita kencing manis.

2. Perubahan gaya hidup  
Perubahan gaya hidup sangat perlu dilakukan untuk menghindari penyakit kencing manis karena gaya hidup seseorang dapat mempertinggi resiko kencing manis. Sebagai contoh gaya hidup instan yang dijalani orang-orang pada umumnya akan sangat berdampak pada peningkatan kadar gula darah mereka. Hal ini dikarnakan gaya hidup instan yang cenderung makan-makanan instan yang rendah kalori dan tinggi lemak. Selain tinggi lemak dan rendah kalori, makanan-makanan tersebut juga mengandung bahan pengawet, penyedap, pewarna, pemanis serta penyedap yang tidak baik bagi tubuh. Jika makanan-makanan ini terus-menerus dikonsumsi maka akan memicu kerusakan sel atau bahkan jaringan.karena itulah kita sebisa mungkin untuk melakukan perubahan gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang lebih sehat.

3. Diet seimbang
Diet seimbang perlu dilakukan untuk mencegah diabet sebelum terlambat. Karenanya tinggalkan diet ketat yang hanya akan menyiksa tubuh anda dan dapat membuat tubuh anda kekurangan nutrisi. Gantilah dengan diet seimbang dengan cara mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

4. Menjaga berat badan
Seperti yang dijelaskan pada tips sebelumnya bahwa untuk menjaga berat badan maka anda harus melakukan olahraga secara teratur. Karena olahraga dapat mengoptimalkan tubuh dalam pembakaran lemak berlebih dalam tubuh. Yang perlu anda ingat adalah penimbunan lemak didalam tubuh terutama pada bagian sekitar perut dan pinggang dapat menghambat kerja pankreas dan memicu resistensi sel terhadap insulin. Jika hal ini terjadi maka gula darah anda akan meningkat drastis.

5. Pengaturan pola makan 
Mengatur pola makan ternyata juga akan berdampak pada resiko kencing manis. Ada baiknya untuk mengurangi resiko kencing manis anda mulai mengubah pola makan. Usahakan untuk selalu makan secara teratur agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap dapat terpenuhi dengan baik. Karena malnutrisi dapat mengganggu fungsi tubuh sehingga dampaknya berakibat pada rentannya tubuh terhadap infeksi maupun penyakit.


Demikianlah sedikit 5 tips tentang mencegah penyakit kencing manis semoga bisa membantu dan memberikan manfaat untuk kita semua. Semoga anda selalu sehat :)

Ucay

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencegah Penyakit Kencing Manis Sejak Dini"

Posting Komentar