Ingin Terhindar dari Diare? Lakukan Cara-Cara Berikut

Agar Terhindar dari diare, Lakukan Cara Berikut

Bersatulah.com-Selama ini, banyak orang yang sibuk ketika sudah menderita diare dibandingkan mencegah diare. Diare adalah salah satu gangguan pada pembuangan di mana tinja menjadi cair. Diare biasanya berlangsung sebanyak tiga kali dalam kurun waktu satu hari. Di beberapa negara berkembang, diare menjadi salah satu penyakit yang mengakibatkan kematian pada anak-anak.

Ingin Terhindar dari Diare? Lakukan Cara-Cara Berikut


Diare diakibatkan bakteri dan kuman penyebab diare yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman. Diare dapat dikenali dari gejalanya, yang sering terjadi adlah sakit perut dan buang air berulang kali.
Diarae dapat dicegah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah tidak memakan makanan yang belum masak. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mencegah atau menghindari diare.

1. Menjaga Higiene Pribadi
Menjaga higiene pribadi dapat dilakukan salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan tangan atau mencuci tangan. Tangan harus selalu dicuci setelah keluar dari toilet , saat akan dan sesudah  makan. Hal ini perlu dilakukan karena biasanya kegiatan yang kita lakukan menggunakan tangan yang memungkinkan banyak kuman dan bakteri yang berkumpul di tangan. Tangan yang tidak bersih akan menjadi media masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh. Sangat dianjurkan mencuci tangan menggunakan sabun anti septik.
Menggunakan alas kaki juga dapat dilakukan untuk menjaga higiene pribadi. Alas kaki akan mencegah masuknya bakteri dan kuman ke dalam tubuh melalui kulit.

2. Beri ASI pada Bayi
Memberikan ASI pada bayi akan memberikan bekal ketahanan tubuh yang kuat terhadap penyakit pada saat bayi sudah besar. Karena bayi yang meminum susu botol akan mudah terserang penyakit jika dibandingkan dengan anak yang disusui oleh ibunya.

3. Hindari jajan di luar
Kita akan sangat mudah menemukan jajanan di luar rumah atau di pinggir jalan. Makanan atau minuman yang dijual di pinggir jalan tidak ada yang menjamin kebersihannya. Debu-debu yang membawa bakteri dan kuman penyebab penyakit dapat dengan mudah hinggap pada jajanan pinggir jalan karena terdapat banyak kendaraan yang berlalu-lalang. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan rumah.

4. Minum dan Makan yang Sudah Matang
Mencegah diare dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah matang. Anda harus memastikan suhu yang digunakan untuk memasak benar-benar tepat untuk membunuh kuman yang masih ada di dalam makanan atau minuman. Masakan setengah matang terdapat kemungkinan adanya bakteri yang masih hidup yang dapat menyebabkan diare.


5. Perhatikan Makanan yang Anda konsumsi
Makanan yang Anda konsumsi harus mengandung nutrisi yang cukup untuk tubuh. Sehingga daya tahan tubuh kuat dan terhindar dari bahaya radikal bakteri dan kuman penyakit.
Hindari kontaminasi langsung makanan. Misalnya, memotong makanan mentah dicampur dengan makanan yang matang. Atau daging yang sudah bersih setelah dicuci diletakkan di tempat yang masih kotor atau terdapat darah daging tadi.
Makanan yang akan dimasak dan dikonsumsi harus dibersihkan dengan menggunakan air yang bersih. Pastikan juga kebersihan air yang diminum, yang akan digunakan untuk membersihakan makanan, dan memasak makanan.

6. Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Pedas
Makanan pedas dan asam merupakan salah satu penyebab terjadinya diare. Anda harus menghindari konsumsi berlebiha terhadap makanan yang termasuk dalam dua kelompok ini. Biasanya, makanan pedas dan asam akan membuat perut sakit dan mulas setelah beberapa saat mengonsumsinya. Anda juga perlu ingat, jangan memakan buah yang memiliki rasam sebelum memakan makanan utama.


7. Menjaga kebersihan lingkungan
menjaga kebersihan lingkungan dapat dijadikan langkah awal untuk mencegah terjadinya diare. Misalnya membuang sampah pada tempatnya. Kubur atau bakar sampah Anda agar tidak dikerumuni lalat. Anda pasti tahu bakteri dan kuman dapat tersebar melalui lalat.
Tidak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan sumber air di rumah atau lingkungan Anda. Tentu sumber air yang kotor atau tercemar menjadi salah satu tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab diare.  Ketika membuat sumber air (sumur), jangan dekat dengan tempat penampungan sampah.

8. Rutin Berolahraga
Cara yang terakhir adalah dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga, Anda akan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Beberapa cara di atas dapat Anda terapkan untuk mencegah terjadinya diare. Pastikan bakteri dan kuman penyebab diare tidak ada yang masuk ke dalam tubuh. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Terhindar dari Diare? Lakukan Cara-Cara Berikut"

Posting Komentar