Hubungan Antara Kolesterol dan Penyakit Jantung

Bersatulah.com - Penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, gagal jantung kongestif dan penyakit jantung bawaan, adalah pembunuh nomor satu di dunia. Kita sering diingatkan bahwa kadar kolesterol yang tinggi merupakan penyebab penyakit jantung. Seperti saya, Anda juga tentu percaya bahwa penyebab penyakit jantung adalah kolesterol.

Hubungan Antara Kolesterol dan Penyakit Jantung


Kolesterol dan Penyakit Jantung
Kita tahu bahwa kolesterol HDL adalah baik dan kolesterol LDL tidak baik. Kita juga tahu bahwa kolesterol LDL akan menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Namun ini akan dibersihkan oleh kolesterol HDL. Semakin rendah rasio antara jumlah kolesterol dibandingkan kolesterol HDL, semakin rendah risiko kita untuk mendapatkan penyakit jantung.

Kolesterol LDL sebenarnya bukan tidak baik, dalam kondisi asli itu baik. Badan kita membutuhkannya untuk membangun membran sel, sel yang lain dan berbagai hormon. Jika kita tidak mendapatkan cukup kolesterol LDL dari makanan, tubuh kita sendiri akan membuatnya. Yang menjadi masalah adalah kehadiran radikal bebas, yang mengubah bentuk (mengoksidasi) kolesterol LDL dan menjadikannya tidak baik. Pasokan anti-oksidan yang cukup akan menyelesaikan masalah tersebut. Anda tidak membutuhkan obat yang mahal untuk menurunkan kolesterol untuk menurunkan risiko penyakit jantung.


Penyebab Dering Penyakit Jantung
Anda mungkin terkejut atau tidak percaya jika saya katakan kolesterol bukan penyebab utama penyakit jantung. Menurut penelitian, penyebab sebenarnya penyakit jantung adalah radang pembuluh darah. Ulasan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine rilis 23 Maret 2000, menunjukkan lebih dari setengah dari mereka yang mendapat serangan jantung memiliki kadar kolesterol yang normal. Penemuan ini merupakan satu revolusi dalam pengobatan dan pencegahan penyakit jantung. Dari berusaha untuk menurunkan kolesterol, Anda harus mencari jalan untuk mengurangi penyebab yang menyebabkan radang pembuluh darah. Cara ini dapat memberi dampak besar dalam pencegahan dan pemulihan penyakit jantung.

Kolesterol LDL bukanlah penyebab masalah radang pembuluh darah. Penyebab utama radang pembuluh darah adalah sesuatu yang disebut homosistein dan radikal bebas. Masalah hanya akan muncul ketika kolesterol LDL dioksida oleh radikal bebas. Tanpa radikal bebas, kolesterol LDL tidak akan berubah menjadi tidak baik. Homosistein adalah bahan yang dihasilkan ketika tubuh kita mencerna makanan, sama seperti radikal bebas. Masalah akan timbul ketika jumlah homosistein yang dihasilkan adalah berlebihan. Diperkirakan sekitar 15% dari semua serangan jantung dan stroke di seluruh dunia hari ini disebabkan oleh tingkat homosistein dalam darah yang tinggi.


Homosistein dan Penyakit Jantung
Pada tahun 1990, penelitian oleh Profesor Dr. Stampfer dari Harvard Public Health School menemukan bahwa sedikit saja peningkatan kadar homosistein dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung sebesar tiga kali lipat. Di dalam New England Journal of Medicine rilis Februari 1995 pula, Dr. Jacob Selhub, Ph.D., melaporkan bahwa kadar homosistein dalam darah yang tinggi akan meningkatkan risiko penyempitan dua arteri yang memasok darah ke otak (yang akan menyebabkan stroke). Selain itu Dr. Selhub juga melaporkan bahwa pasien yang memiliki kadar homosistein yang tinggi juga memiliki kadar asam folat (B9), vitamin B12 dan vitamin B6 yang rendah dalam tubuh mereka. Satu penemuan yang perlu diberi perhatian.


Pencegahan Penyakit Jantung
Sebelum ini diyakini bahwa penyebab penyakit jantung dan stroke adalah kolesterol, tetapi penelitian-penelitian yang dilakukan di abad ke 21 telah membuktikan bahwa homosistein adalah penyebabnya. Untuk mencegah dari penyakit jantung, kita disarankan untuk mengubah gaya hidup. Konsumsi makanan seimbang dan melakukan aktivitas fisik dapat membantu tubuh kita mendapatkan HDL (kolesterol baik), anti-oksidan, asam folat (B9), vitamin B12 dan vitamin B6 yang cukup, yang akan melindungi kita dari penyakit jantung.

Ucay

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hubungan Antara Kolesterol dan Penyakit Jantung"

  1. Terima kasih sudah diberi info tentang hubungan antark kolesterol dan penyakit jantung,
    jika berkenan silahkan kunjungi blog kami juga - manfaat Susu Kambing Etawa bagi kesehatan jantung. Terima kasih..

    BalasHapus