Hobi Sayur Buncis? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bersatulah.com - Buncis, jenis sayuran satu ini sudah tidak asing lagi tentunya di telinga kita, sayuran hijau yang banyak digemari karena memiliki rasa yang cukup lezat dilidah. Buncis adalan sejenis sayuran polong-polongan yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi dapat dikonsumsi secara langsung maupun dimasak terlebih dahulu. Tidak hanya buahnya, biji dan daun mudanya pun  juga dapat dinikmati sebagai sayuran hijau yang lezat. Jenis sayuran yang satu ini dipercaya berasal dari wilayah Amerika Selatan yang memiliki nama latin Phaseolus Vulgaris. 

Hobi Sayur Buncis? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Meskipun buncis adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, namun tanaman ini banyak tumbuh subur di berbagai wilayah di Indonesia. Cara pembudidayaannya pun cukup mudah, tanaman buncis dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini memiliki dua jenis tipe yang pertama  bunci dengan tipe merambat dan kedua tipe tegak.

Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buncis ini diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, lemak, Kadar Abu, Magan, Protein, Magnesium, Potasium, Zat Besi, Fosfor, Molibdenum, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat Kasar dalan lain sebagainya. Begitu banyaknya kadar gizi dalam buncis sehingga sangat cocok dikonsumsi sehari-hari. Beberapa manfaat buncis bagi kesehatan antara lain :

1. Menjaga tubuh tetap awet muda
Bagi anda yang ingin tetap menjaga tubuh agar tetap terlihat awet muda maka mengkonsumsi  buncis adalah salah satu cara terbaik. Buncis mengandung antioksidan cukup tinggi yang sangat bermanfaat untuk menangkal zat atau radikal bebas akibat sinar matahari yang berlebihan, sehingga dapat mencegak proses penuan dini.

2. Menjaga ginjal
Ginjal merupakan bagian dari tubuh kita yang sangat vital dan perlu dijaga dengan sebaik mungkin. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buncis sangat bermanfaat untuk menjaga ginjal agar tetap sehat. Oleh sebab itu banyak dokter merekomendasikan agar mengonsumsi buncis secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal.

3. Mengatur Glukosa
Buncis memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang hampir setara dengan protein yang terdapat pada telur.  Terlebih cara memasak yang benar dapat membantu proses penyerapan protein yang baik oleh tubuh.  Hal itu dapat bermanfaat dalam mengatur glukosa atau kadar gula dalam darah seseorang.

4. Menjaga jantung
Kandungan asam folat yang terdapat pada buncis sangat bermanfaat untuk menjaga jantung anda tetap baik. Maka mengkonsumsilah buncis secara rutin 4-5 kali dalam seminggu untuk menjaga jantung.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Mengkonsumsi buncis secara rutin dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebab di dalam buncis terdapat berbagai vitamin diantara vitamin B1, B6 dan Vitamin C yang sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Menjaga sistem metabolisme tubuh
Jika anda memiliki keluhan dengan sistem metabolisme tubuh tidak ada salahnya anda mencoba mengonsumsi buncis. Selain rasanya yang nikmat kandungan mineral yang terdapat dalam sayuran ini seperti mangan, zat besi, kalium dan magnesium dapat berfungsi menjaga  sistem metabolisme tubuh anda tetap baik, sehingga meningkatkan kinerja tubuh lainnya.

7. Melancarkan sistem pencernaan
Mengkonsumsi buncis dapat melancarkan sistem pencernaan. Buncis merupakan sayuran dalam kelompok kacang-kacangan, sehingga tidak mengherankan jika uncis banyak mengandung serat yang cukup tinggi.  Kandungan serat yang cukup tinggi ini sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Jangan ragu lagi bagi anda mengonsumsi sayur buncis, karena dapat bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Dan bagi anda yang kurang suka dengan jenis sayur yang satu ini, disarankan untuk mencobanya. Semoga bermanfaat. (one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hobi Sayur Buncis? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar