Selasih Ampuh Usir Panas Dalam

Bersatulah.com-Selasih (Ocinum Bassilum L.) termasuk tanaman semak tahunan. Daunnya tunggal, berbentuk bulat telur dan tepinya bergerigi. Baunya harum, bercabang, dan tinggi sekitar 50 -80 cm. Tumbuhan yang tergolong famili Labiatae ini tumbuh di tempat lembab dan teduh. Sangat mudah menemukannya, biasanya banyak terdapat di tepi jalan atau di pekarangan. Di Perancis dan Italia tanaman ini pernah menjadi tanaman kerajaan. Di India tanaman ini merupakan tanaman yang disucikan karena dipakai dalam upacara-upacara keagamaan.


Selasih Ampuh Usir Panas Dalam

Selasih adalah tanaman yang sejenis dengan kemangi. Daun kemangi biasa digunakan sebagai lalapan, sedang daun selasih digunakan sebagai pengharum ruangan atau campuran aroma terapi. Daun Selasih juga berkhasiat menghentikan produksi keringat yang berlebih, menyerap cairan berlebih di dalam tubuh, danmenghilangkan bau kurang sedap pada ketiak. Tanaman ini memiliki 3 bahan aktif, yaitu eugenol yang dapat berfungsi sebagai fungisida, tymol yang befungsi sebagai repellent (penghalau serangga), dan metal eugenol yang berfungsi sebagai atraktan (pemikat) hama lalat buah. Selasih mengandung minyak menguap, terdiri dari ocimene, methylchavicol, alpa-pipene, linalool, cineole, eucalyptole, geraniol, eugenole. Bijinya mengandung planteose, asam lemak yaitu asam palmitat, oleat, stearat, dan linoleat.

Biji selasih berbentuk unik. Kecil, berwarna hitam berselimut bening mirip dengan telur katak. Biji selasih biasa digunakan untuk campuran es atau puding karena rasanya yang segar dan menyejukkan. Sebelum digunakan, biji selasih biasanya direndam terlebih dahulu dalam air hingga mengembang. Setelah ditiriskan barulah dicampur dengan es atau puding.Tidak hanya itu, biji selasih juga dapat digunakan sebagai obat. Biji selasih dapat menghasilkan minyak atsiri atau yang dikenal dengan nama basil oil. Minyak ini digunakan sebagai bahan pembuatan parfum, shampo, dan aroma terapi.

Dalam dunia kesehatan, biji selasih mempunyai khasiat menenangkan sehingga dapat mengurangi keadaan gelisah, susah tidur, ataupun sering gugup. Biji selasih juga dapat bermanfaat mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti sembelit maupun panas dalam. 

Menurut  Ir. Wahyu Suprapto kandungan zat basilicin yang dibutuhkan tubuh ternyata juga terdapat di dalam selasih untuk mempertahankan vitamin C. Vitamin ini penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan tubuh manusia.

Teh daun selasih bermanfaat untuk menyembuhkan panas dalam, batuk, tak enak badan, nyeri haid, demam malaria, gangguan pernapasan, sembelit, penambah nafsu makan, mual, pengobatan pascapersalinan, pembersih, dan penguat jantung.

Masyarakat Cina biasa memanfaatkan biji selasih sebagai  obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, gigitan serangga, obat deman hingga sebagai obat kanker. Panas yang diakibatkan gigitan ular atau serangga mampu diredakan oleh biji selasih. Di indonesia selasih sering digunakan untuk menurunkan panas,menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menyehatkan jantung, mengobati batuk, dan lain lain. Dalam farmakologi Cina dinyatakan bahwa selasih dapat merangsang penyerapan (absorpsi), peluruh keringat (diaporetik), peluruh kencing (diuretik), menghilangkan sakit (analgesik), melancarkan peredaran darah dan membersihkan racun. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selasih Ampuh Usir Panas Dalam"

Posting Komentar