Menjaga kesehatan dengan konsumsi Ikan Kakap Merah

Bersatulah.com - Menjaga kesehatan dengan konsumsi Ikan Kakap Merah. Ikan memang telah menjadi primadona yang amat digemari oleh masyarakat Indonesia, mengingat begitu luasnya perairan Indonesia menjadikan  negara kita kaya akan hasil perairannya baik air lautnya maupun air tawarnya. Beberapa diantaranya udang, kepiting, cumi, dan ikan merupakan salah satu yang menjadi primadonanya. Namun dari sekian banyak hasil perairan, ikan memang menjadi makanan yang paling banyak di konsumsi ketimbang jenis hewan air lainnya. Selain itu juga ikan memang paling banyak dihasilkan dari perairan baik laut maupun tawar, baik ditangkap secara langsung dari alam maupun dari hasil pembudidayaan di kolam maupun kerambah. Ikan juga tinggi akan nilai gizi, karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan jika di konsumsi secara rutin dan untuk beberapa jenis ikan memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi yang baik untuk kecerdasan dan perkembangan otak. Sehingga dianjurkan untuk di konsumsi oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. 

Menjaga kesehatan dengan konsumsi Ikan Kakap Merah


Salah satu dari hasil laut yang membentaang luas diperairan indonesia adalah Ikan kakap merah yang memiliki kandungan kalori cukup rendah, namun ikan kakap merah merupakan makanan yang menjadi sumber protein seperti selenium, vitamin A, kalium dan asam lemak omega-3. Kita tentu sudah tahu bahwa mengkonsumsi ikan sangatlah dianjurkan oleh para ahli gizi, yakni sebagai kebutuhan asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam setiap harinya.  Selain rasanya yang lezat ikan kakap merah juga kaya akan protein yang bermanaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa hal yang diperoleh dengan mengkonsumsi ikan kakap merah bagi kesehatan, diantaranya:

1. Menangkal Radikal Bebas
Daging ikan kakap merah mengandung selenium. Selenium merupakan salah satu zat antidioksidan yang berperan menangkal senyawa radikal bebas yang dapat mengakibatkan kerusakan DNA dan dapat menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakut jantung. Ikan kakap merah seberat 100 gram mengandung hampir 70 % (persen) dari jumlah yang disarankan selenium per hari untuk pria dan wanita dewasa yang mengikuti diet 2.000 kalori. Selenium dapat berfungsi mendukung fungsi sel-sel darah putih  yang diperlukan untuk kelenjar tiroid bekerja dengan baik. 

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin A yang terdapat pada ikan kakap merah sangan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, memproduksi dan memelihara tulang, kulit dan menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga berperan dalam sel reproduksi dan diferensiasi. Mengkonsumsi ikan kakap merah dengan jumlah yang cukup setiap hari dapat mengurangi masalah pada mata seperti katarak atau degenerasi makula terkait usia. Vitamin A adalah nutrisi yang larut dalam lemak dan membutuhkan sumber lemak makanan yang diserap oleh usus.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Ikan kakap merah mengandung 444 miligram, atau 9,4 % (persen)  dari kebutuhan kalium dengan porsi 3 ons ikan kakap bila dimasak dan asam lemak omega 3. Kalium adalah zat yang bermanfaat sebagai mineral dan elektrolit. Hal ini sangat diperlukan untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi dan menjaga kesehatan jantung dan otot rangka berkontraksi dengan baik.

Demikian beberapa manfaat mengkonsumsi ikan kakap merah bagi kesehatan, bukan kah setiap orang menginginkan memiliki kesehatan tubuh yang selalu terjaga, maka salah satunya dengan mengkonsumsi ikan kakap merah secara rutin setiap hari. Semoga bermanfaat. (One)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjaga kesehatan dengan konsumsi Ikan Kakap Merah"

Posting Komentar