5 Manfaat Lele untuk Kesehatan

Bersatulah.com - 5 Manfaat Lele untuk Kesehatan, Lele atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Clarias merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Banyak kolam pemancingan atau rumah makan yang menyediakan berbagai menu berbahan dasar ikan yang satu ini.


5 Manfaat Lele untuk Kesehatan

Nah, bagi Anda yang suka mengonsumsi lele, pilihan Anda sudah tepat. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan  dari mengonsumsi ikan Lele. Berikut 5 manfaat Lele bagi kesehatan:

1.    Mempercepat Penyembuhan pada Luka

Lele mengandung asam amino yang membantu tubuh dalam penyerapan kalsium. Jika tubuh kekurangan asam amino, bisa jadi pertumbuhan dan perkembangan tubuh menjadi tidak maksimal. Nah, selain asam amino, Lele juga mengandung omega-3 yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

2.    Sumber Protein
Sekitar 20%  Lele mampu menjadi sumber protein yang dibutuhkan tubuh. Protein ikan lele mengandung semua asam amino esensial lisin, metionin dan leusin  dengan kadar protein yang lebih tinggi bila dibanding dengan protein pada susu dan daging. Bila dibandingkan dengan protein pada daging dan susu, protein Lele yang mengandung asam amino esensial lisin, leusin, dan metionin lebih tinggi.
Protein ikan Lele akan membantu perkembangan masa otot juga kekebalan tubuh. Jika Anda ingin memiliki otot yang kuat, ikan Lele bisa menjadi salah satu makanan alternatif bagi Anda.
Anda juga membutuhkan protein untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. 

3.    Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

Mineral fosfor sangat berperan penting pada pembentukan tulang dan gigi. Jika kekurangan mineral fosfor dapat berakibat fatal. Tulang akan menjadi keropos dan dapat mengakibatkan kelumpuhan.

4.    Kaya akan Fosfor

Fosfor yang dikandung Lele lebih tinggi dibanding fosfor yang terkandung pada telur sekitar 67 mg/ 100 gram. Phospor berguna untuk memberi kekuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati, menunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA, dan membantu penyerapan atau pemakaian kalsium. Ibu hamil sangat membutuhkan fosfor untuk membentuk tulang bayinya.

5.    Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung dan Otak

Omega-3 dan omega-6 yang terkandung dalam tubuh Lele setara, kok, dengan ikan-ikan mahal, seperti Salmon, Kod, dan lain sebagainya. Ikan Lele memberikan asam lemak omega-3 sebanyak 220 mg dan asam lemak omega-6 sebanyak 875 mg. Bahkan, nih, American Heart Association menyarankan agar orang-orang mengonsumsi ikan lele beberapa kali dalam seminggu.
Nah, kalau jantung dan otak sehat, tentunya tubuh kita juga sehat. Lebih jauhnya lagi, ikan lele dapat membantu mencerdaskan otak.

Nah, sudah tahu, kan, manfaat yang dikandung ikan yang bertubuh licin ini. Sekarang kita bisa mengonsumsi Lele yang juga punya banyak manfaat yang sama dengan ikan-ikan yang dijual dengan harga mahal dengan tahu manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Tapi tetap, jangan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan, kan, tidak baik juga untuk tubuh.(Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Lele untuk Kesehatan"

Posting Komentar