Penyuka Daun Kemangi? Ini Daun Kemangi dan Manfaatnya

Bersatulah.com-Kemangi merupakan tanaman berbatang kecil namun memiliki cabang yang banyak. Kemangi banyak tumbuh di daerah Asia dan Amerika. Kemangi biasa tumbuh pada musim hujan. Batangnya dibalut bulu-bulu halus, namun tidak berbahaya.Daunnya biasa dimanfaatkan oleh manusia. Daun kemangi biasanya digunakan sebagai penetralisir bau amis pada ikan. Biasanya digunakan untuk membuat pepes ikan. Daun kemangi juga biasa dimanfaatkan untuk lalapan bersama timun, kubis, dan sambal.

Penyuka Daun Kemangi? Ini  Daun Kemangi dan Manfaatnya


Tidak hanya digunakan sebagai bumbu atau teman makan. Daun kemangi juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu daun alternative untuk menjaga kesehatan manusia. Yuk, disimak.

Melancarkan peredaran darah
Setiap kita pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat, salah satunya ditandai dengan lancarnya peredaran darah. dengan lancarnya peredaran darah, suplai vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi.Daun kemangi mengandung magnesium, sineol, dan mineral yang mampu memperlancar peredaran darah. Ketiganya memiliki kemampuan untuk menstabilkan denyut jantung dan memperlebar pembuluh nadi.

Mencegah dan meredakan Batuk dan radang
Di beberapa daerah di Afrika dan di India, daun kemangi biasa dijadikan teh. Teh daun kemangi biasanya disajikan pada saat pergantian, karena pada saat itu masyarakat di sana sangat mudah terserang batuk dan pilek.
daun kemangi juga mengandung zat mycrene, eugenol, dan cineole yang dapat berfungsi sebagai antibiotik dan anti peradangan.

Mengatasi bau badan dan bau mulut
Daun kemangi sangat ampuh digunakan untuk mengusir bau badan dan bau mulut.Daun kemangi banyak dilibatkan dalam ramuan tradisional untuk mengusir bau badan dan bau mulut.Daun kemangi juga akan membuat mulut jadi lebih segar.

Menjaga Kesehatan Mata
Daun Kemangi juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata dengan kandungan vitamin A di dalamnya. Memang, kandungan vitamin A dalam daun kemangi tak sebanyak vitamin A yang dikandung wortel. Namun, jumlahnya cukup untuk menjaga kesehatan mata.
Tidak hanya Vitamin A, daun kemangi juga memiliki betakaroten yang mendukung penglihatan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Pereda Demam
Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam daun kemangi, mampu meredakan demam yang sering kali membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Daya tahan tubuh Anda sering mengalami penurunan? Anda bisa menggunakan daun kemangi untuk meningkatkan kekbalan tubuh Anda. Vitamin C dan betakaroten di dalam daun kemangi dapat merangsang anti body yang nantinya berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengatasi Keputihan
Saat Anda mengalami keputihan, Anda perlu rajin-rajin mengonsumsi daun kemangi. Kandungan eugenol di dalam daun kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

Anti Imflamasi

Daun kemangi mampu menyembuhkan bengkak dan meredakan peradangan pada sendi karena kemangi merupakan agen anti inflamasi. Daun kemangi juga termasuk sumber kalsium yang dibutuhkan tulang dalam upaya pencegahan osteoporosis.

Nah, ternyata Anda tidak hanya dapat menggunakan daun kemangi sebagai teman makan sebagai lalapan atau bumbu saja. Anda bisa menggunakan daun kemangi untuk menjaga kesehatan dan mengatasi masalah kesehatan. Selamat mengonsumsi daun kemangi. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyuka Daun Kemangi? Ini Daun Kemangi dan Manfaatnya"

Posting Komentar