10 Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh

Bersatulah.com - 10 Khasiat daun kemangi bagi kesehatan tubuh, anda tahu daun kemangi? tumbuhan hijau ini sering kebanyakan orang gunakan untuk pelengkap lalapan dan penambah selera makan. Sebut saja ketika anda membeli pecel lele sudah dipastikan tidak akan terlewatkan lalapan yang satu ini. Ternyata bukan hanya sekedar pelengkap lalapan dan penggugah selera makan saja, setidaknya terdapat 10 khasiat pada daun kemangi bagi kesehatan tubuh kita. Tumbuhan yang memiliki daun kecil bahkan terlihat seperti tumput ini memiliki ciri-ciri khas terdapat bunga dibagian pucuknya juga memiliki bau yang sangat harum, meskipun sebagin orang mengatakan sangat menyengat baunya. 

10 Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh - Bersatulah


Salah satu khasiat daun kemangi ini dapat digunakan sebagai obat herbal dan obat-obat alami lainnya, tanaman ini memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh kita bila dikonsumsi secara rutin. 

Berikut simak ulasan 10 khasiat daun kemangi bagi kesatan tubuh kita yang kami rangkum dalam laman bersatulah.com :

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi kaya  akan kandungan carotenoid yang dapat dirubah menjadi vitamin A. Daun kemangi dapat menjadi cara yang baik untuk mendapatkan magnesium yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan jantung, dapat menenangkan otot serta pembuluh darah, mampu meingkatkan sikulasi darah serta mengurangi  irama detak jantung yang tidak normal bahkan sampai terjadi kejang-kejang.

Mencegah Kanker

Anti oksida yang terdapat pada daun kemangi sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh terhadap kerusakan-kerusang fungsi tubuh dari radikal bebas. Sehingga mampu mencegah dari penyakit kanker. Kemangi juga mengandung flanoyoid yang berfungsi melindungi struktur sel dari berbagai macam radiasi, daun kemangi kaya akan berbagai manfaat untuk menjaga sel-sel dalam  tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meningkat Sistem Kekebalan Tubuh

Daun kemangi sangat baik untuk membantu mempertahankan system kekebalan tubuh dan melawan berbagai penyakit menulai, karna terdapat anti oksida didalam daun kemangi. Semakin sering seseorang mengonsumsinya akan semakin bagus system kekebalan tubuhnya. Daun kemani juga memiliki manfaat sebagai anti bakteri, dapat digunakan untuk mengurangi resiko bakteri seperti E. Coli serta listeria yang dapat mengakibatkan keracunan. Selain itu daun kemangi sangat baik digunakan untuk menutup luka guna mencegah terjadinya infeksi. Maka dengan mengkonsumsi daun kemangi dapat melawan infeksi virus dan mempekuat sistem kekebalan tubuh seseorang.

Menjaga Sistem Pencernaan

Khasiat daun kemangi selanjutnya adalah bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Daun kemangi memiliki kemampuan anti inflasmasi yang mendorong berfungsinya saluran usus dan disamping itu dapat bekerja dengan baik mengobati beberapa jenis keluhan pencernaan seperti penyakit radang , buang angin susah, usus mulas, perut kram serta berbagai gangguan usus lainnya.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Mengkonsumsi daun kemangi secara rutin dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit. Hal ini disebabkan daun kemangi dapat meningkatkan sirkulasi darah menuju akar rambut, sehingga rambut dapat tumbuh menjadi lebih baik.

Mempertajam Ingatan

Khasiat daun kemangi sangat tepat untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Terdapat kandungan kortikosteron yang berfungsi mempertajam daya ingat mampu bekerja sangat baik dalam mengaktifkan sirkulasi otak yang dapat mengurangi resiko kerusakan pada otak seseorang. Selain itu daun kemangi dapat membantu memelihara sistem saraf.

Meredakan Batuk

Daun kemangi sangat baik dan bermanfaat meredakan batuk, karna komponen di dalam daun kemangi merupakan salah satu bahan dalam sirup obat batuk. Cukup dengan menyediakan beberapa daun kemangi kemudian merebusnya dan ditambah sedikit garam, lalu dikonsumsi secara rutin setiap hari sudah cukup untuk meredakan batuk.

Mencegah Munculnya Jerawat

Gunakan daun kemangi sebagai masker yaitu dengan cara menghaluskannya seperti membuat jus. Lalu gunakan secara rutin setiap hari, selain itu daun kemangi juga berkhasiat mengatasi masalah kulit lainnya seperti kurap, terkena gigitan serangga dan sebagainya.

Mengurangi Stress

Peneliti membuktikan bahwa daun kemangi memiliki khasiat cukup besar dalam mengurahi stres pada seseorang. Mengkonsumsi rutin 10-20 daun kemangi dalam dua kali sehari dapat mengurangi perasaan stres.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Khasiat lainnya, daun kemangi dapat digunakan untuk  mengurangi bau mulut serta menjaga kesehatan gigi. Caranya : jemur daun kemangi hingga kering lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diremas, gunakan serbuk daun kemangi sebagai pasta gigi, bisa juga dikombinasikan dengan minyak mustard, dan lalukan secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Banyak sekali khasiat yang dapat kita peroleh dari daun kemangi, selain nikmat digunakan sebagai lalapan, khasiat daun kemangi juga sangat luar bisa bagi kesehatan tubuh kita. Semoga 10 khasiat mengkonsumsi daun kemangi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. (one)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar