Berbagai Manfaat Lada untuk Kesehatan

Bersatulah.com-Lada atau yang sering disebut dengan merica memiliki  khasiat yang tidak banyak orang ketahui. Selain sebagai bumbu penyedap, lada juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dalam dunia memasak, lada biasa digunakan untuk menambah cita rasa pedas pada masakan.


Berbagai Manfaat Lada untuk Kesehatan

Ada dua jenis lada yang dikenal oleh masyarakat, yaitu lada putih dan lada hitam. Perbedaan keduanya sangat mencolok karena warnanya yang berbeda. Ternyata perbedaan di antara keduanya adalah pada saat memanen dan saat akan memasarkannya. Jika lada putih dipanen pada saat sudah tua atau masak, lada hitam dipanen pada saat kulit masih berwarna hijau. Lada putih kemudian direndam, lalu kulit hijau yang masih menempel dibuang. Sedangkan lada hitam, setelah dipanen langsung dijemur di bawah terik matahari. Lada hitam, lebih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan lada putih.

Pada merica, nutrisi tertinggi adalah vitamin A, vitamin E dan vitamin C, dan vitamin K. Merica juga mengandung jejak vitamin B, seperti pyridoksin, niacin, riboflavin, folat dan kolin. Merica juga mengandung serat, karbohidrat dan protein. Kolesterol dan kadar gulanya sangat rendah.

Merica berfungsi sebagai penghangat badan. Hawa panas yang ditimbulkan bisa mendongkrak stamina laki-laki dicampur dengan jahe dan telur ayam kampung. Sebagai obat asma dan diare, merica cukup dihaluskan dan diseduh dengan air panas.
Berikut beberapa manfaat merica bagi kesehatan tubuh.

Sakit kepala dan radang sendi
Kandungan capsaicin bisa berfungsi untuk memblokir neuropeptida yang dikenal sebagai substansi P, yang merupakan syaraf pengirim utama rasa sakit ke otak. Jadi makan merica dapat mengurangi gejala nyeri saat sakit kepala. Capsaicin adalah senyawa kimia yang menimbulkan rasa pedas.
Capsaicin juga berkhasiat sebagai zat anti-inflamasi,  yang  akan membantu meringankan kondisi peradangan, seperti pembengkakan dan rasa sakit. Selain itu, capsaicin mampu membunuh sel kanker.

Hidung tersumbat
Capsaicin dapat membersihkan sinus, bahkan dapat membantu untuk melawan infeksi sinus dengan membersihkan saluran rongga udara hidung. Dengan demikian merica juga dapat membantu melonggarkan pernafasan saat hidung tersumbat.

Tekanan darah tinggi
Flavonoid, vitamin C, dan vitamin A yang terkandung di dalam merica  dan cabai. Zat-zat ini dapat  menurunkan tekanan darah tinggi.

Sakit perut
Merica dapat mencegah terjadinya sakit perut. Panas dan pedas yang berasal dari merica mampu membunuh bakteri jahat di dalam perut. Merica juga membantu melancarkan pencernaan karena akan meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung. Hal ini berguna untuk menghindari diare, kolik, dan konstipasi. Merica juga berguna untuk mencegah pembentukan gas usus dan untuk diet karena membuat berkeringat dan buang air kecil.

Kesehatan jantung
Jika di dalam tubuh terdapat banyak cairan, akan mengganggu kesehatan jantung. Cairan yang banyak pada dinding jantung akan mengakibatkan ketegangan dan berpotensi bisa membahayakan jantung. Salah satu tanda cairan terlalu banyak adalah bengkak pada pergelangan kaki dan tangan, kesulitan bernapas. Merica akan membuat kita berkeringat  sehingga cairan dalam tubuh akan berkurang.

Anti -oksidan
Senyawa flavanoids, vitamin A, dan vitamin C yang terdapat di dalam merica juga merupakan zat antioksidan, yang bermanfaat untuk mencegah dampak kerusakan sel akibat radikal bebas yang berakibat terjadinya kanker.

Menurunkan Berat Badan

Sel lemak dapat dipecahkan oleh lapisan luar lada. Makanan pedas dapat membantu menurunkan berat badan. Merica juga melawan infeksi karena gigitan serangga, karena lada hitam mempunyai sifat antibakteri. Selain itu, ada kandungan capsaicin yang mampu membakar kalori dan lemak dengan sifat termalnya.(Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Manfaat Lada untuk Kesehatan"

Posting Komentar