Senyum, Cara Sehat Yang Mudah Plus Ibadah

Bersatulah.com - Senyum, Cara Sehat Yang Mudah Plus Ibadah. Senyum adalah ibadah yang sangat mudah. Senyum dapat dilakukan siapa saja. Dalam ajaran Islam, senyum memiliki posisi yang setara dengan bersedekah. Sabda Rasulullah SAW: "Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah." (HR Tirmidzi dan Abu Dzar).

Manfaat lain yang kita dapat yakni  senyum dapat membuka pintu untuk menjalin komunikasi yang baik. Maka sembonyan 3S (senyum, salam, sapa) selalu meletakkan senyum di awal adalah bukti bahwa senyum adalah kunci menjalin komunikasi yang selanjutnya berbuah pundi-pundi rizki. Namun ternyata senyum juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. 

Senyum, Cara Sehat Yang Mudah Plus Ibadah

Berikut manfaat yang didapatkan ketika Anda senyum.

1. Senyum Setara Joging.  
Senyum yang kemudian juga Ketawa sebanyak 100 kali per hari memiliki manfaat kardiovaskular, yakni sama seperti melakukan joging sekitar 10 menit. Hal inilah yang membuat tekanan darah dan denyut jantung meningkat sama seperti saat jogging.

2. Senyum Menurunkan Emosi. 
Senyum bukan sekeder respon terhadap sesuatu, lebih dari itu dengan tersenyum  ternyata berpengaruh terhadap produksi endorphin yang berfungsi mengurangi rasa sakit pada fisik dan membuat emosi seseorang lebih nyaman.

3. Menurunkan Stress. 
Sekelompok ilmuwan dari Universitas Pusat Medis California membagi dua jenis stress yaitu stress yang baik dan stress yang tidak baik. Senyum diletakkan pada kategori stress yang baik. Dengan senyum maka Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman sehingga dapat menurunkan stress akibat padatnya pekerjaan dan masalah yang sedang alami.

4. Senyuman Juga Mampu Menurunkan Tekanan Darah. 
menambah masuknya oksigen dalam darah dan ini secara tidak langsung merangsang proses penyembuhan. Senyuman yang diakhiri dengan tertawa mengaktifkan bahan kimia tubuh dan secara tidak langsung menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, arthritis dan bisul.

5. Melancarkan Pencernaan. 
Tersenyum dan tertawa juga dikatakan mampu memperbaiki fungsi usus. Tersenyum mempengaruhi hormon-hormon yang merelaksasi tubuh sehingga kondisi tersebut membuat pencernaan Anda lancar sehingga penyerapan nutrisi dalam tubuh semakin baik.

Itulah manfaat dari senyum. Jadi sekarang Anda sudah tahu kan manfaat dari tersenyum. Jadi ayo perbanyak tersenyum biar tetap sehat dan amal berkali lipat. Terimakasih, semoga bermanfaat dan tetap sehat. (djo)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Senyum, Cara Sehat Yang Mudah Plus Ibadah"

Posting Komentar