Buah Bit, Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Bersatulah. Com Buah Bit, kaya manfaat bagi Kesehatan. Mungkin tak banyak yang tau akan nama buah yang satu ini, ya buah bit namanya. Tanaman buah bit ini memang tergolong cukup sulit mendapatkannya di Indonesia, sebab tanaman yang satu ini  masuk dalam kelompok jenis umbi-umbian, berasal dari daratan inggris dan beberapa Negara dibagian Amerika. Lalu bagaimana cara kita mendapatkannya?.. anda tak perlu kwatir meskipun tanaman buah bit sulit ditemukan di Indonesia, namun anda dapat memperolehnya di supermaket yang menyediakan tanaman buah impor. Buah bit merupakan tanaman herbal yang  sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jika anda ingin memperoleh manfaat buah yang satu ini jangan ragu lagi segera anda cari di supermarket-supermarket terdekat. 

Buah Bit, Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Buah ini mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, diantaranya: Asam Folat 34%, Kalium 14,8%, Serat 13,6%, Vitamin C 10,2%, Magnesium 9,8%, Zat Besi 7,4%, Fosfor 6,5%, Tembaga 6,5%, Triptofan 1,4%, courin, dan batasinamin.

Berikut simak uraian singkat dari beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan  tubuh :

1. Mengancurkan sel Tumor dan Kanker
Buah bit kaya akan kandungan antidioksida yang sangat dibutuhkan oleh para penderita penyakit tumor dan kanker.  Cara mengkonsumsinya bisa anda lakukan dengan cara dibuat jus. Bagi anda yang memiliki gelaja penyakit kanker maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi jus buah biat sebagai antidioksida yang membantu menekan dan membunuh sel-sel kanker.

2. Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi yang cukup inggi pada buah bit sangat dibutuhkan untuk mengatasi kekurangan darah (anemia).  Kandungan zat besi dapat membantu meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah. Caranya anda dapat mengambil  beberapa buah bit yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, kupas kulitnya dan blender atau anda bisa lakukan dengan cara diparut. Setelah itu kemudian peras buah bit yang sudah diblender untuk diambil sarinya, kemudin minumlah. Menurut para ahli mengkonsumsi jus buah bit membantu anda berolahraga lebih lama dan tidak mudah capek. Selain itu juga efektif menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.

3. Obat hati pembersih alami Ginjal dan kandung Empedu
Manfaat selanjutnya, buah bit dapat bermanfaat membersi hati, pembersih alami ginjal dan kandungan empedu, selain itu juga dapat membersihkan dan menetralkan racun (detoksifikasi) di dalam tubuh. Caranya hampir sama bisa anda lakukan dengan cara dibuat jus. Atau dengan cara yang lain seperti merebus buah bit, lalu ambil airnya dan diminum sebelum tidur sebanyak satu gelas secara rutin. Air rebusan ini dapat membantu gerakan otot perilstatik, sehingga dapat melancarkan uang air besar.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan
Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, bisa minum jus buah bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus buah bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalah ‘sebah’ di perut. Daun buah bit juga bermanfaat menanggulangi sakit demam kuning dan pencernaan. Caranya Cukup dikonsumsi sekali sehari secara rutin.

5. Mengatasi Ketombe
Buah bit dapat membantu mengatasi masalah ketombe yang membandel, caranya : cobalah merebus buah bit dengan sedikit ditambah cuka alami (apple cider vinegar). Lalu dioles-oleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk dan Keesokan harinya bilas dan keramaslah hingga bersih.

6. Menurunkan Tekanan Darah, menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah
Menurut para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus buah bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Tiga sampai empat jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008)
7. Sebagai pewarna alami  Makanan
Buah bit mangandungan betanin yang menghasilkan warna merah cemerlang dan dapat dipakai sebagai pewarna alami makanan, misalnya es krim, jeli dan lain sebagainya.

Demikian manfaat buah bit yang dapat kita peroleh bila mengkonsumsinya secara rutin. Semoga bermanfaat. (One)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buah Bit, Kaya Manfaat Bagi Kesehatan"

Posting Komentar