Manfaat Luar Biasa Daun Jambu Air

Bersatulah.com-Manfaat Luar Biasa Daun Jambu Air, Jambu air biasa kita lihat di pekarangan rumah atau di kebun. Buah  yang satu ini banyak mengandung air. Tidak sedikit orang mengonsumsi buah ini untuk melepas dahaga yang mendera. Banyak juga di antara kita yang menyukai buah ini untuk dijadikan rujak. Juga, ketika sedang musim panen terjadi, buah-buahan yang satu ini mudah kita temui di pasar-pasar tradisional. Dengan harga murah, kita sudah bisa menikmati buah kaya air ini.
Ternyata tidak hanya buahnya. Daun jambu airpun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Apakah Anda sudah mengetahui manfaat dari daun jambu air?


Manfaat Luar Biasa Daun Jambu Air




Daun jambu air mengandung senyawa aktif berupa senyawa saponin, steroid, dan fenolik. Ya, selama ini belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat apa saja yang terkandung di dalam daun jambu air. Yuk, simak yang berikut ini!

1.    Mengobati patah tulang dan keseleo

Manfaat yang pertama adalah untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi yang patah tulang atau keseleo. Untuk menghilangkan rasa nyeri menggunakan daun jambu air ini sangat mudah. Caranya, ambil beberapa daun jambu air kemudian lembutkan. Daun jambu air yang sudah dilembutkan kemudian diletakkan pada persendian yang terasa nyeri. Urut perlahan-lahan. Lakukan hal ini beberapa kali.

2.    Menyembuhkan luka pada kulit

Daun jambu air juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyembuh luka pada kulit. Caranya hampir sama dengan cara untuk mengobati keseleo atau patah tulang. Hanya saja tanpa harus diurut. Ambil beberapa daun jambu air kemudian lembutkan. Daun jambu air yang sudah dilembutkan kemudian diletakkan di atas kulit yang mengalami luka. Biarkan sampai kering. Lakukan hal ini beberapa kali.

3.    Mengobati demam

Memang sudah lama diketahui bahwa daun jambu memiliki khasiat untuk mengobati demam atau tubuh panas. Cara yang bisa lakukan sangat mudah. Ambil beberapa daun jambu air, kemudian lumat daun jambu air dengan cara meremas-remasnya. Kemudian, masukkan remasan daun jambu air tadi ke dalam wadah berisi air hangat. Ambil daun jambu air yang ada di dalam wadah. Letakkan di atas dahi penderita demam, ini lebih dikenal dengan mengompres. Lakukan hingga suhu tubuh penderita demam menurun.

4.    Mengatasi diabetes

Diabetes bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati. Salah satunya adalah akan berakibat pada penyakit komplikasi kemudian menjadi impotensi pada pria. Daun jambu air memiliki ekstrak yang mampu mengurangi gula darah dan resisten insulin.


5.    Manfaat terhadap lingkungan

Dengan daun yang lebat, pohon jambu dapat bermanfaat sebagai salah satu penyuplai oksigen dan mengurangi polusi debu. Kita sama-sama tahu bahwa pepohonan menjadi salah satu penyuplai terbesar oksigen di dunia ini. Juga dengan daun yang lebat, jambu air mampu memberikan kesejukan untuk lingkungan di sekitarnya.

6.    Pembungkus makanan

Tidak hanya daun pisang atau daun jati. Daun jambu juga bisa Anda gunakan untuk membungkus makanan. Biasanya, hanya makanan tradisonal yang menggunakan daun untuk pembungkus. Daun pisang dan daun jati memang sudah lebar, Anda perlu memilih daun jambu yang berdaun lebar. Karena tidak semua daun jambu air berukuran lebar.
Pemanfaatan daun jambu air sebagai pembungkus makanan, dapat juga mengurangi konsumsi masyarakat Indonesia terhadap penggunaan wadah berbahan plastik.

Sekarang Anda bisa memanfaatkan tanaman yang satu ini tidak hanya buahnya. Daunnya Anda bisa gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mari hidup sehat dengan memanfaatkan kekayaan alam kita. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Luar Biasa Daun Jambu Air"

Posting Komentar