Ini Dia Cara Menghilangkan dan Menghindari Bau Kaki

Bersatulah.com - Ini Dia Cara Menghilangkan dan Menghindari Bau Kaki, Tanpa sadar, kita sering kali menggunakan kaki untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pergi sekolah, ke kantor, ke pasar, atau tempat lain yang harus melangkah. Tapi, terkadang, kita juga tidak sadar dengan bau sedap yang dimunculkan oleh kaki kita. Terkadang juga bau tak sedap itu malah terlebih dahulu disadari oleh orang-orang di sekeliling kita.Bau kaki disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini mengendap dan berkembang biak di sela-sela jari kaki, maupun di telapak kaki.




Penggunaan sepatu atau kaus kaki yang ketat dan lama dalam penggunaannya serta kelembapan di dalamnya yang terlalu lembap, juga merupakan  salah satu faktor penyebab bau kaki. Kelembapan di dalam sepatu atau kaos kaki memudahkan bakteri berkembang biak.
Berikut cara-cara untuk menghilangkan dan menghindari bau kaki yang sedang Anda alami.

1.    Cuci Kaki dengan Air Garam
Cara ini sudah lama digunakan oleh orang untuk menghilangkan bau kaki. Anda hanya perlu melarutkan garam dengan air hangat. Kemudian rendam kaki ke dalamnya. Air garam akan menetralkan bau tak sedap pada kaki Anda. Hal ini perlu dilakukan setiap hari sampai bau tak sedap pada kaki Anda berangsur-angsur menghilang.

2.    Rendam Kaki dengan Air Teh
Teh cukup efektif untuk menghilangkan bau tak sedap pada kaki. Sebelum Anda merendam kaki dengan air teh, kaki harus dicuci terlebih dahulu sebelumnya. Gunakan cara ini dalam posisi dan waktu serileks mungkin.

3.    Gunakan Kopi

Untuk menghilangkan bau tak sedap pada kaki, selain garam dan teh, Anda juga dapat menggunakan kopi. Anda cukup menaburkan kopi pada kaki secara langsung atau pada sepatu yang akan Anda kenakan. Zat yang terkandung di dalam kopi mampu menyerap keringat dengan efektif.

4.    Bersihkan Kaki Menyeluruh Saat Mandi

Anda harus membersihkan kaki secara menyeluruh saat mandi. Mulai dari sela-sela jari kaki

5.    Jangan Terlalu Lama Menggunakan Sepatu dan Kaos Kaki

Jangan biarkan kaki Anda terlalu lama lembap di dalam sepatu. Sebaiknya, setelah beberapa jam Anda melepas sepatu dan kaos kaki yang Anda gunakan. Jangan gunakan kaos kaki lebih dari 1 kali 24 jam. Segera ganti kaos kaki Anda. Kaos kaki yang berbahan katun atau wol menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda untuk menggunakannya. Kaos kaki yang berbahan katun atau wol lebih efektif menyerap keringat.

6.    Selalu Bersihkan Kaki Setelah Beraktivitas

Sebagian besar orang malas mencuci kakinya setelah beraktivitas. Padahal hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah bau kaki.

7.    Rajin Mencuci Kaos Kaki dan Sepatu
Jangan biarkan kaos kaki dan sepatu Anda terlalu lama Anda pakai tanpa dicuci. Karena sepatu dan kaos kaki yang tidak sering Anda cuci akan menimbulkan bau tak sedap. Ini juga akan menjadi kaki Anda menjadi bau. Anda harus rajin mencuci dan mengganti sepatu dan kaos kaki Anda.

Anda dapat menggunakan beberapa tips di atas untuk menghindari dan menghilangkan bau kaki. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Cara Menghilangkan dan Menghindari Bau Kaki"

Posting Komentar